Berkaitan dengan pelanggan, etiket ini penting sebagai bentuk sikap karyawan untuk menghargai diperhatikan oleh segenap karyawan dalam etiket pelayanan dan harus dijalankan oleh setiap karyawan adalah sebagai berikut:
- Selalu ingin membantu setiap keinginan dan kebutuhan pelanggan sampai tuntas.
- Selalu memberikan perhatian terhadap permasalahan yang dihadapi pelanggan.
- Sopan dan ramah dalam melayani pelanggan tanpa melakukan diskriminasi dalam bentuk apapun.
- memiliki rasa toleransi yang tinggi dalam menghadapi setiap tindak-tanduk para pelanggan
- Menjaga perasaan pelanggan agar tetap merasa tenang, nyaman, dan menimbukan kepercayaan
- Dapat menahan emosi dari setiap kasus yang dihadapi terutama dalam melayani pelanggan yang berperilaku kurang baik.
- Menyenangkan orang lain merupakan sikap yang harus selalu ditunjukan oleh setiap karyawan.
- Dilarang menggunakan pakaian yang sembarangan
- Dilarang melayani pelanggan atau tamu sambil makan, minum, merokok, dan mengunyah sesuatu seperti permen karet
- Dilarang melayani pelanggan atau tamu sambil mengobrol atau bercanda dengan karyawan yang lain dalam kondisi apapun.
- Dilarang menampakkan wajah cemberut, memelas, dan sedih di depan pelanggan.
- Dilarang berdebat atau menyanggah
- Dilarang meninggalkan pelanggan
- Dilarang berbicara terlalu keras atau lemah
- Dilarang keras meminta imbalan atau janji-janji
Tidak ada komentar:
Posting Komentar