Rabu, 08 Oktober 2014

BERKOMUNILKASI DENGAN JELAS



Komunikasi berjalan sepanjang waktu , walapun terkadang tersusun , kadang tidak, tingkatkan kulitasnya denga bersikap terbuka, jujur dan terjangkau . bagi setiap orang , komun ikasi tidak mungkin berlebihan, baik secara formal ataupun nonformal.

Meningkatkan kontak
Banyak manager suka bersembunyi di balik pintu tertutup dan jarang menemui karyawan , sikap demi kian memudahkan tugasnya sebagai administrator , tapi menyulitkan seseorang pemimpin , jauh lebih baik memberikan pintu terbuka( umumnya) sehingga karyawan tidak segan menemui kita sehingga karyawan tidak segan menemui kita dengan tata ruang terbuka, kontak jadi lebih mudah , temui karyawan yang sudah lama tidak kita ajak bicara , semakin banyak orang kenal dan bisa menemui kita , semakin baik pulasuatu hubungan kerja .

Memangkas birokrasi  
Tidak di kendalikan , birokrasibisa sangat menghambat komunikasi , menghambat usaha peningkatan produktifitas dan semangat . meskipun birokrasi di perlukan , kita perlu membatasi penggunaan blanko , laporan serta dokumen lain. Hidarri terbuangnya waktu untuk menunggu “setempel persetujuan” sesuai proposal kalau keputusan bisa di ambil dalam peraturan informal yang singkat namun efektif

Pertemuan Empat Matan
Dari pada bergantung pada memo atau komunikasi tulis lain, jadikan pertemuan emapat mata sebagai cara paling efisein untuk menghadapi masalah yang timbul. Tanggapan dan informasi tambahan dapat diberikan pada saat itu juga lagi pula antusiasme dan komitmen terhadap proposal dan ide baru bisa di sampaikan lebih jelas dan efektif dari pada secara tulisan . pastikan waktu yang tersedia cukupagar kita bisa memberi perhatian penuh untuk masalah yang di bahas dan pembicaraan tidak putus atau tidak henti.

Memakai aneka media
Satu jalur komunikasi tidak cukup semakin banyak semakin baik , sasarannya adalah menyampaikan informasi dan mempelajari reaksinya secara mungkin , papan pengumuman edaran dan majalah , begitu juga kotak saran , bisa di gunakan , namun media elektronik bisa lebih langsung dan kuat bisa berupa papan pengumuman digital  situs web , televisi internal dan e-mail, untuk semua media kerjakan secara peroposionalsesui isi dengan kebutuhan karyawan , minta tanggapan dan bersiaplah mengubah format bila kurang di terima . analisa tanggapan dan pastikan kalau pesan di pahami dan dampaknya sesui harapan.

Memekai obrolan
Di tempat kerja orang membentuk jaringan dan berinteraksi seperti masyarakat umum . mereka menghargai kontak informal , seperti basa-basi dan obrolan sambil minum kopi , juga gossip sebagian maneger tidak suka obrolan , mereka khawatir tersebarnya informasi yang tidak akurat premature , bahkan merasakan, namun menajemen bisa sajah menghembuskan “gossip” yang kuat ,perhatikan potensi negative gossip dangen informasi yang cepat untuk hal yang menyangkut orang banyak . cara terbaik untuk mengetahui pikiran orang adalah dengan obrolan informal jadi berbaurlah.

Memaikai rapat tim
Kebanyakan organisasi mengadakan rapat lebih sering dari pada yang di butuhkan , pastikan rapat memiliki tujuan dan semua peserta terkait langsung dengan tujuan itu ,rapat berkala oleh tim dan manejemen merupakan cara membuat karyawan terinformasi dan pertanyaan mereka terjawab, tangani rapat ini dengan serius . pembicaraan tidak terencana pun di perlukan . langkah ini tidak perlu begitu formal namun harus singkat . catatlah apa yang perlu di lakukan . lalau edarkan catatan itu sehingga karyawan merasa di hargai perannya.



Sumber   : Managing People By dian Rakyat-Jakarta
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar