Komunikasi berjalan sepanjang waktu , walapun terkadang
tersusun , kadang tidak, tingkatkan kulitasnya denga bersikap terbuka, jujur
dan terjangkau . bagi setiap orang , komun ikasi tidak mungkin berlebihan, baik
secara formal ataupun nonformal.
Meningkatkan kontak
Banyak manager suka bersembunyi di balik pintu tertutup dan
jarang menemui karyawan , sikap demi kian memudahkan tugasnya sebagai
administrator , tapi menyulitkan seseorang pemimpin , jauh lebih baik
memberikan pintu terbuka( umumnya) sehingga karyawan tidak segan menemui kita
sehingga karyawan tidak segan menemui kita dengan tata ruang terbuka, kontak
jadi lebih mudah , temui karyawan yang sudah lama tidak kita ajak bicara ,
semakin banyak orang kenal dan bisa menemui kita , semakin baik pulasuatu
hubungan kerja .
Memangkas birokrasi
Tidak di kendalikan , birokrasibisa sangat menghambat
komunikasi , menghambat usaha peningkatan produktifitas dan semangat . meskipun
birokrasi di perlukan , kita perlu membatasi penggunaan blanko , laporan serta
dokumen lain. Hidarri terbuangnya waktu untuk menunggu “setempel persetujuan”
sesuai proposal kalau keputusan bisa di ambil dalam peraturan informal yang
singkat namun efektif
Pertemuan Empat Matan
Dari pada bergantung pada memo atau komunikasi tulis lain,
jadikan pertemuan emapat mata sebagai cara paling efisein untuk menghadapi
masalah yang timbul. Tanggapan dan informasi tambahan dapat diberikan pada saat
itu juga lagi pula antusiasme dan komitmen terhadap proposal dan ide baru bisa
di sampaikan lebih jelas dan efektif dari pada secara tulisan . pastikan waktu
yang tersedia cukupagar kita bisa memberi perhatian penuh untuk masalah yang di
bahas dan pembicaraan tidak putus atau tidak henti.
Memakai aneka media
Satu jalur komunikasi tidak cukup semakin banyak semakin
baik , sasarannya adalah menyampaikan informasi dan mempelajari reaksinya
secara mungkin , papan pengumuman edaran dan majalah , begitu juga kotak saran
, bisa di gunakan , namun media elektronik bisa lebih langsung dan kuat bisa
berupa papan pengumuman digital situs
web , televisi internal dan e-mail, untuk semua media kerjakan secara
peroposionalsesui isi dengan kebutuhan karyawan , minta tanggapan dan
bersiaplah mengubah format bila kurang di terima . analisa tanggapan dan
pastikan kalau pesan di pahami dan dampaknya sesui harapan.
Memekai obrolan
Di tempat kerja orang membentuk jaringan dan berinteraksi
seperti masyarakat umum . mereka menghargai kontak informal , seperti basa-basi
dan obrolan sambil minum kopi , juga gossip sebagian maneger tidak suka obrolan
, mereka khawatir tersebarnya informasi yang tidak akurat premature , bahkan
merasakan, namun menajemen bisa sajah menghembuskan “gossip” yang kuat
,perhatikan potensi negative gossip dangen informasi yang cepat untuk hal yang
menyangkut orang banyak . cara terbaik untuk mengetahui pikiran orang adalah
dengan obrolan informal jadi berbaurlah.
Memaikai rapat tim
Kebanyakan organisasi mengadakan rapat lebih sering dari
pada yang di butuhkan , pastikan rapat memiliki tujuan dan semua peserta
terkait langsung dengan tujuan itu ,rapat berkala oleh tim dan manejemen
merupakan cara membuat karyawan terinformasi dan pertanyaan mereka terjawab,
tangani rapat ini dengan serius . pembicaraan tidak terencana pun di perlukan .
langkah ini tidak perlu begitu formal namun harus singkat . catatlah apa yang
perlu di lakukan . lalau edarkan catatan itu sehingga karyawan merasa di hargai
perannya.
Sumber : Managing
People By dian Rakyat-Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar