Senin, 06 Oktober 2014

Menciptakan Hubungan Baik Antara Perusahaan dan Karyawan



  Dimana Dalam Perusahan Seorang atasan/pimpinan dalam memimpin sebuah perusahaan perlu menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan karyawannya, untuk menciptakan semuanya itu banyak sekali ha-hal yang harus dilakukan oleh seorang atasan/ pimpinan .Saat Anda mendapatkan kepercayaan untuk memegang posisi sebagai pemimpin, banyak anjuran agar membangun hubungan yang efektif, terbuka dan bertanggung jawab dengan anggota tim dijadikan prioritas pertama, bahkan sebelum Anda mulai membangun hubungan dengan rekan bisnis perusahaan maupun klien. Banyak tips dan anjuran yang Anda dapat kan untuk segera mulai membangun hubungan yang lebih jauh dan erat dengan karyawan yang Anda pimpin berikut caranya :

1.   Mengenali lebih dalam Seorang Karyawan
         Ketahui setiap anggota tim Anda, baik nama, jabatan, tanggung jawab. Saat Anda memberikan tugas, pastikan bahwa setiap tugas yang Anda berikan tidak melenceng dari tanggung jawab yang telah diketahui selama ini. Jika Anda berminat memberikan tugas baru, jangan lupa untuk memberikan briefing singkat mengenai korelasi tugas tersebut dengan tanggung jawabnya. biasakan untuk menyapa mereka dengan menyebutkan nama karena secara ilmu kejiwaan, orang senang mendengar nama mereka disebut dan akan lebih bersedia untuk mendengarkan orang tersebut.
2.      Tunjukkan penghargaan dan terima kasih Anda. 
Target tim terpenuhi karena anggota tim Anda bersedia melaksan akan tugas mereka dibawah kepemimpinan Anda. Acknowledge setiap prestasi dan perkembangan karyawan Anda dengan memuji,  atau mengucapkan terima kasih. Jika Anda selalu siap mengkritik dan mencari kesalahan karyawan,  maka seharusnya Anda juga siap untuk memberikan pujian setiap kali mereka menunjukkan prestasi kerja. Biasanya ketika seorang karyawan diberikan penghargaan maka merek aaka nmerasa mereka telah diperhatikan sehingga membuat kinerja mereka lebih bagus lagi dan ini akan menciptakan kerja sama yang baik dilingkup perusahaan.  Penghargaan ini bisa ditunjukkan dengan kenaikan pangkat, pemberian hadiah, atau pemberian-pemberianlainnya.

3.   Perhatikan kebutuhan mereka yang berkaitan dengan pengembangan keterampilan maupun karakter.
Tunjukkan bahwa Anda tertarik dan memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan karakter dan keterampilan seorangkaryawan dan bersedia untuk mengakomodasinya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa karyawan lebih bersemangat bekerja jika tanggung jawab atau job description yang dimilikinya mengharuskannya untuk terus belajar. 
Kerjasama yang baik bisa terbentuk ketika Bawahan diberikan pelatihan/ seminar ataupun program-program yang meningkatkan skill dan pengetahuan mereka.

4.      Memberikan motivasi, 
Memberikan penghargaan melalui faktor motivasi amat penting, motivasi terbentuk dari sikap seorang pegawai dalam menghadapi situsai kerja, dalam arti kata motivasi merupakan kondisi yang menggerakkan diri pegawai yang terarah untuk mencapai tujuan organisasi, sikap dan mental itulah yang merupakan kondisi mental yang mendorong diri pegawai untuk berusaha mencapai prestasi kerja secara maksimal. Memberikan motivasi ini erat kaitannya dengan pendekatan persuasif  yang dilakukan oleh atasan/ pimpinan. 
5.              Ajaklah karyawan untuk pergi outing karena biasanya di tempat outing kita akan menemukan permainan ketangkasan yang akan membantu karyawan dalam pengembangan diri. Untuk pergi ketempat outing perusahaan harus menggunakan mobil yang cukup besar sehingga karyawan dapat pergi bersama dan biasanya jasa sewamobil menyediakan mini bus dan mobil besar lainnya yang sangat di perlukan oleh karyawan.

6.    Makan siang bersama mungkin menurut sebagian orang tidak berarti tapi menurut saya mulailah menjalin hubungan baik melalui hal kecil seperti makan siang bersama sehingga membuat karyawan merasa di hargai oleh perusahaan.

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan jika Seorang atasan membangun hubungan yang lebih erat dan terbuka dengan karyawannya. Terlebih lagi jika seorang pimpinan yang baru saja masuk kesebuah tim. Menjalin hubungan efektif adalah salah satu cara untuk membangun kepercayaan mereka terhadap Anda. Selain itu hubungan yang terbuka dengan karyawan juga akan membuat mereka merasa dihargai dan dihormati sehingga mereka bersedia memberikan loyalitas atau kesetiaan kepada atasan dan kepada perusahaan secara umum Mari menjalin hubungan baik dengan karyawan
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar