Perilaku Instingtif Yang Alamiah
Tidak Selalu Pantas Dilakukan Di Tempat Kerja . Usahakan Menciptakan Pola Pikir
Yang Membawa Kerja Sama Yang Efektif Dan Produktif Di Antara Para Karyawan .
BERSIKAP ALAMIAH
Di Tempat Kerja , Secara Alamiah
Orang Cenderung Bersikap Melindungi Diri ,Bukanya Terbuka Dan Kalaboratif . Ini
Menjelaskan Mengapa Emosi Sangat Berperan Di Tempat Kerja Dan Manajemen Sering
Bereaksi Keras Terhadap Kritikan Dan Biasanya Bersikap Menekan . Karyawan Juga
Cenderung Cepat Mengambil Kesimpulan Dan Terkotak –Kotak . Suasana Di
Perusahaan Dangan Sikap “Alamiah”
Seperti Ini Sangat Bermusuhan ;Perbedaan Status Dan Pangkat Jua Menyolok .
Perusahaan Seperti Ini Tidak Nyaman Dan Umunya Tidak Peka Akan Kebutuhan
Karyawan Dan Pasar.
MENUMBUHKAN SIKAP MEMBANGUN
Sikap membangun dapat di
tampahkan dengan memberikan contoh dan imbalan serta memuji sikap yang sopan
dan kontribusi positif
Bersikap pantas
Perilaku alamiah di dasari oleh
respon subyektif yang sering kali membawa tidak hanya perasaan negative
(seperti cemas) , namun persepsi negative tentang maksud rekan kerja , perilaku
yang lebih membangun akan menumbuhkan kerjasama, keterbukaan dan percaya diri .
beberapa ciri yang mudah terlihat pada orang dengan perilaku yang pantas antara
lain: mampu berkomunikasi secara positif dan meyakinkan dengan rekan-rekan dari
bersi rekan kerja ; maupun belajar darbagai lapisan ; mampu dengan cepat dan
tulus memuji presta kesalahan dan kegagalan ; dan pendekatan umum yang
berdasarkan kerja sama , bukan persaingan dengan rekan kerja
Menubah sika negative:
1)
Perilaku alamiah
a. Bereaksi
emosional ketika menerima informasi
b. Takut
atau tak berani mengambil resiko
c. Melawan
keras dan penuh pembelaan diri ketika terancam
d. Teralu
cepat menilai orang ataupu keadaan
e. Suka
menyebarkan gosif
f.
Bersaing keras iuntuk setatus dan lembaganya
g. Hidup
dengan kesuksesan masa lalu
h. Lebih
suka dalam kelompok kecil
i.
Selalu mencoba berada di posisi lebih tinggi
2)
Perilaku yang pantas
a. Mendudukan
fakta dengan pendekatan pragmatis
b. Mengambil
resiko sebagai gaya wirausaha
c. Membangun
hubungan kerja yang kalaboratif , tidak bersaing
d. Melakukan
analisa rinci sebelum menilai.
e. Melakukan komunikasi secara terbuka
f.
Menghargai prestasi , bukan status
g. Belajar
dari kesalahan
h. Memilih
kelompok kerja kooperatif
i.
Bekerja dalam kesetaraan tanpa hirarki
Sumber: manajing people ; Dian
karyat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar