Senin, 13 Oktober 2014

MEMAHAMI PERILAKU



Perilaku Instingtif Yang Alamiah Tidak Selalu Pantas Dilakukan Di Tempat Kerja . Usahakan Menciptakan Pola Pikir Yang Membawa Kerja Sama Yang Efektif Dan Produktif Di Antara Para Karyawan .

BERSIKAP ALAMIAH

Di Tempat Kerja , Secara Alamiah Orang Cenderung Bersikap Melindungi Diri ,Bukanya Terbuka Dan Kalaboratif . Ini Menjelaskan Mengapa Emosi Sangat Berperan Di Tempat Kerja Dan Manajemen Sering Bereaksi Keras Terhadap Kritikan Dan Biasanya Bersikap Menekan . Karyawan Juga Cenderung Cepat Mengambil Kesimpulan Dan Terkotak –Kotak . Suasana Di Perusahaan Dangan  Sikap “Alamiah” Seperti Ini Sangat Bermusuhan ;Perbedaan Status Dan Pangkat Jua Menyolok . Perusahaan Seperti Ini Tidak Nyaman Dan Umunya Tidak Peka Akan Kebutuhan Karyawan Dan Pasar.

MENUMBUHKAN SIKAP MEMBANGUN
Sikap membangun dapat di tampahkan dengan memberikan contoh dan imbalan serta memuji sikap yang sopan dan kontribusi positif

Bersikap pantas
Perilaku alamiah di dasari oleh respon subyektif yang sering kali membawa tidak hanya perasaan negative (seperti cemas) , namun persepsi negative tentang maksud rekan kerja , perilaku yang lebih membangun akan menumbuhkan kerjasama, keterbukaan dan percaya diri . beberapa ciri yang mudah terlihat pada orang dengan perilaku yang pantas antara lain: mampu berkomunikasi secara positif dan meyakinkan dengan rekan-rekan dari bersi rekan kerja ; maupun belajar darbagai lapisan ; mampu dengan cepat dan tulus memuji presta kesalahan dan kegagalan ; dan pendekatan umum yang berdasarkan kerja sama , bukan persaingan dengan rekan kerja

Menubah sika negative:
1)      Perilaku alamiah
a.       Bereaksi emosional ketika menerima informasi
b.      Takut atau tak berani mengambil resiko
c.       Melawan keras dan penuh pembelaan diri ketika terancam
d.      Teralu cepat menilai orang ataupu keadaan
e.      Suka menyebarkan gosif
f.        Bersaing keras iuntuk setatus dan lembaganya
g.       Hidup dengan kesuksesan masa lalu
h.      Lebih suka dalam kelompok kecil
i.         Selalu mencoba berada di posisi lebih tinggi
2)      Perilaku yang pantas
a.       Mendudukan fakta dengan pendekatan pragmatis
b.      Mengambil resiko sebagai gaya wirausaha
c.       Membangun hubungan kerja yang kalaboratif , tidak bersaing
d.      Melakukan analisa rinci sebelum menilai.
e.       Melakukan komunikasi secara terbuka
f.        Menghargai prestasi , bukan status
g.       Belajar dari kesalahan
h.      Memilih kelompok kerja kooperatif
i.         Bekerja dalam kesetaraan tanpa hirarki

Sumber:  manajing people ; Dian karyat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar